Rabu, 22 Februari 2012

contoh makalah bahasa indonesia


KARYA ILMIAH BAHASA INDONESIA
INTERNET
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah bahasa indonesia
Dosen pengampu: Drs. Purwito
uty-jogja.jpg
Disusun oleh  :
BAYU AGUS WIDYANTO
NIM: 3105111078

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA
Tahun Akademik 2010/2011

KATA PENGANTAR

Tak dapat di pungkiri bahwa saat ini komputer dan internet merupakan alat bantu yang begitu di butuhkan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada dalam aktifitas keseharian masyarakat mulai dari urusan pembuwatan makalah, tugas-tugas, pemasaran barang sampai ke urusan, pembayaran melelui transfer uwang antar Negara.
Makalah ini saya buat hanya untuk membantu para pengguna agar lebih mengenal apa itu internet, dan agar dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk tentang penggunaan internet.
Akhir kata saya sebagai penyusun mengucapkan banyak terimakasih.
Yogyakarta, Desember 2010
Penyusun

Daftar Isi`


1          PENDAHULUAN


1.1         LATAR BELAKANG

Tak dapat di pungkiri bahwa saat ini komputer dan internet merupakan alat bantu yang begitu di butuhkan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada dalam aktifitas keseharian masyarakat mulai dari urusan pembuwatan makalah, tugas-tugas, pemasaran barang sampai ke urusan, pembayaran melelui transfer uwang antar Negara.
Sekarang ini akibat perkembangan kebudayaan manusia, ilmu dan teknologipun semakin berkembang. Hasil kebudayaan berupa teknologi membuat manusia lupa akan tanggung jawabnya mempergunakan kemajuan teknologi dengan penuh tanggung jawab.
mengingat hal tersebut sangat penting pengenalan pentingnya penggunaan internet ke masyarakat luasagar kelak dimasa mendatang internet tidak disalah gunakan lagi.

1.2          Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk;
  1. mengenalkan pengunaan internet.
  2. memesyarakatkan penggunaan internet.
  3. memehami akan baik dan buruknya internet.

1.3          Manfaat

Adapun manfaat dari pembuatan makalah ini adalah;
  1. agar masyarakat dapat mempergunakan internet dengan baik dan tepat
  2. agar masyarakat tidak menyalah gunakan internet  itu sendiri

1.4          Perumusan Masalah

Pentingnya untuk dikaji dan menjadi permasalahan yang dipandang penting untuk dilakukan pengamatan adalah :
  1. apa kegunaan internet itu sendiri buat masyarakat?
  2. Apa saja dampak masuknya internet ke masyarakat ?

2          KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI

Tak dapat di pungkiri bahwa saat ini komputer dan internet merupakan alat bantu yang begitu di butuhkan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada dalam aktifitas keseharian masyarakat mulai dari urusan pembuwatan makalah, tugas-tugas, pemasaran barang sampai ke urusan, pembayaran melelui transfer uwang antar Negara.mengingat hal tersebut sangat penting pengenalan pentingnya penggunaan internet ke masyarakat luasagar kelak dimasa mendatang internet tidak disalah gunakan lagi.




3           SEJARAH  INTERNET

Internet merupakan jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam informasi, mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya.
pengertian internet
Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain.
Internet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Baik bila digunakan untuk pembelajaran informasi dan buruk bila digunakan untuk hal yang berbau pornografi, informasi kekerasan, dan lain-lainnya yang negatif.
Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan  email, menghubungkan komputer satu ke ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain. Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon ( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik
Perkembangan jaringan computer tidak dapat dipisahkan dari perteknologian kmputer. Perkembangan komunikasi yang berbasiskan teknologi sudah mulai ada sejak terjadinya revolusi technology pada tahun 1970-an.
Pada awalnya, dunia internet kurang di berdayakan di dunia komersil, sampai akhir tahun 1980-an,internet hanya dikembangkan untuk kepentingan militerserta beberapa perusahaan asing yang menggunakanya walaupun masih terbatas.




4          KEGUNAAN INTERNET


4.1         Internet sebagai Media Komunikasi

Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi dibandingkan dengan media lain, Informasi yang didapatkan lebih mudah, cepat dan murah dengan jangkauan global. Hal ini didukung dengan fakta bahwa untuk menjangkau pengguna sebanyak 60 juta orang Butuh 30 tahun untuk radio, Butuh 15 tahun untuk televise, dan Butuh 3 tahun untuk web. dengan aplikasi internet diantaranya: Email, WWW, NewsGroup, FTP Gopher, Dan lain-lain
Bermunculan situs media online (berbasis media cetak maupun yang tidak) sehingga mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh: Koran masuk Internet (Kompas Cyber Media), DetikSatunet, CNN, Majalah, brosur, dlsb, dll.

4.2         Internet sebagai media promosi, diantaranya:

  • Image Company
  • Pengenalan, dan pemesanan produk
  • Registrasi klien
  • Jadwal pengiriman dll

4.3         Internet sebagai Komunikasi Interaktif

  • Email
  • Dukungan Pelanggan dengan WWW
  • Video Conferencing
  • Internet Phone

4.4         Internet sebagai transformasi pasar elektronik:

 

Pasar tradisional yang dijumpai sehari- hari telah bermetafora menjadi pasar virtual dimana pertemuan antara penjual dan pembeli terjadi di depan layar monitor. Sebuah pemandangan baru telah terjadi dalam pasar yang merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli sekarang berubah menjaditransaksi yang bersifat elektronik

 

4.5         Internet sebagai Pertukaran data.


5           KEBAIKAN INTERNET

Penggunaan teknologi komputer dalam bidang pendidikan bukanlah sesuatu yang baru, malah telah lama diperkenalkan di negara-negara maju seperti Amerika dan Eropah sejak awal tahun 60-an lagi. Dalam konteks pendidikan, ia bukan hanya mampu membantu tugas-tugas pengurusan dan pentafsiran, tetapi berpotensi sebagai alat untuk mengayakan lagi persekitaran pengajaran dan pembelajaran bagi hampir semua mata pelajaran.
Aspek teknologi telah digabungkan dalam kurikulum sekolah sebagai satu daya usaha ke arah menyemai dan memupuk minat serta sikap yang positif terhadap perkembangan teknologi. Budaya persekolahan seharusnya diubah daripada sesuatu yang berdasarkan memori kepada yang berpengetahuan, berpemikiran, kreatif. Atas alasan inilah pihak kerajaan melalui Kementerian Pendidikan berhasrat untuk mengujudkan Sekolah Bestari yang sekali gus bertindak mengisi agenda perancangan dan pelaksanaan Koridor Raya Multimedia ( Multimedia Super Corridor atau MSC ). Pelaksanaan Sekolah Bestari akan membuka ruang seluas-luasnya kepada teknologi komputer dan internet, yang akan membolehkan fleksibiliti dan kepelbagaian dibina dalam sistem pendidikan (KPM, 1997). Penggunaan dan perkembangan internet yang meluas dalam bidang perniagaan dan komunikasi, akan memudahkan pelaksanaannya dalam bidang pendidikan.
Peranan komputer dan internet dalam pendidikan
Penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran matematik dapat memperkembang dan memperkayakan lagi tajuk yang diajar. Lebih sedekad yang lalu, NCTM (National Council of Teachers' of Mathematics, 1980) mencadangkan supaya pengajaran matematik mengambil peluang luas yang ditawarkan oleh komputer. Aktiviti penyelesaian masalah adalah bagian terpenting dalam pendidikan matematik. Pencapaian yang tinggi dalam matematik tidak bermakna jika seseorang pelajar tidak mampu melakukan proses penyelesaian masalah. Langkah terjemahan seperti ini memerlukan fahaman yang lengkap terhadap struktur konsep yang terkandung dalam masalah tersebut. Keadaan ini telah menyebabkan kesukaran pembelajaran di kalangan setengah-setengah pelajar. Masalah dan kesukaran ini boleh diatasi melalui penggunaan komputer ( Lim, 1989 ).
Dalam beberapa kajian yang telah dijalankan (Funkhouser, 1993; Henderson and Landersman, 1992; Chazan, 1988; Mc Coy, 1991; Al Ghamdi, 1987) didapati bahawa:
  • Pelajar yang menggunakan komputer dalam matematik mempunyai sikap yang lebih positif terhadap dirinya sebagai ahli matematik dan berkeupayaan menyelesaikan masalah yang lebih kompleks.
  • Perisian komputer yang digunakan dalam proses pengajaran akan dapat membantu pelajar memahami konsep dan prinsip matematik dengan mudah dan berkesan.
  • Pencapaian pelajar dalam peperiksaan akhir menunjukkan peningkatan yang ketara.
Kajian oleh Christie (1996) terhadap penggunaan mel eletronik (e-mail) dan penerokaan maklumat di kalangan para pelajar sekolah rendah mendapati bahawa, selain daripada semangat belajar secara kumpulan (cooperative learning), para pelajar juga semakin mesra dengan alat teknologi ini dan sentiasa berusaha untuk meneroka 'alam yang baru ditemui' (virtual reality). Mereka sentiasa menemui maklumat baru dan bahan-bahan yang amat menarik perhatian.
Kang (1995) dalam kajiannya untuk menilai kesan aktiviti mel eletronik ke atas sikap pelajar terhadap internet telah mendapati bahawa para pelajar amat kagum dan tertarik kepada internet. Mesej yang dihantar sejauh 25,000 batu jauhnya boleh sampai dalam masa beberapa minit sahaja. Para pelajar juga amat berhati-hati semasa menulis mesej supaya tidak terdapat kesalahan ejaan dan maksudnya boleh difahami oleh sipenerima dengan mudah. Amalan ini akan dapat meningkatkan penguasaan bahasa, khususnya bahasa Inggeris. Aktiviti komunikasi dalam internet seperti mel eletronik akan dapat menyediakan pelajar untuk dunia pekerjaan yang akhir-akhir ini banyak menggunakan proses perhubungan telekomunikasi yang canggih ( Everett and Ahern, 1994 ).
Kementerian Pendidikan Malaysia dengan kerjasama serta bantuan kepakaran MIMOS, telah melancarkan Projek Jaringan Pendidikan (Sulaiman, 1996). Melalui projek ini, Kementerian Pendidikan telah menyediakan kemudahan dan perkhidmatan rangkaian kepada para pelajar dan pendidik di samping menyediakan program latihan yang berterusan kepada guru-guru. Program ini, walaupun kurang berjaya, tapi sekurang-kurangnya telah dapat memberi pendedahan awal kepada guru-guru dan pelajar tentang penggunaan dan peranan internet kepada dunia pendidikan.
Internet atau ‘Internasional Network of Networks’ ialah sebuah rangkaian gergasi komputer di peringkat antarabangsa (TMB, 1998) dan merupakan cara komputer berkomunikasi antara satu sama lain ( Crumlish, 1996 ). Ia mengandungi lebih daripada 50 ribu rangkaian komputer di seluruh dunia, lebih daripada 6.6 juta komputer hos dan lebih daripada 50 juta pengguna dari lebih daripada 160 buah negara (Zoraini, 1995). Dalam rangkaian Internet, terdapat berbagai jenis bahan yang berjuta-juta bilangan dan sentiasa bertambah dari sehari ke sehari. Di dalam Internet terdapat lebih daripada 8 000 kumpulan diskusi eletronik. Kumpulan ini mungkin terdiri daripada beberapa orang sehinggalah ke beberapa ribu orang yang berbincang tentang perkara yang sama, termasuklah matematik. Terdapat beberapa perkara penting yang perlu difahami oleh para pendidik berhubung dengan penggunaan internet dalam proses pengajaran dan pembelajaran.
                        i.      Internet hanya akan bertindak sebagai sumber dan alat bantu dalam Aktiviti pembelajaran.
                      ii.      Komputer dan internet tidak mengubah peranan guru. Malah sebaliknya ,guru akan sentiasa berusaha untuk meningkatkan pengetahuan dan kemahiran mereka, khususnya dalam bidang IT.
                    iii.      Internet amat bermanfaat kepada guru dan murid serta ibubapa khususnya dalam menghadapi cabaran IT dan era globalisasi. Industri berasaskan maklumat yang akan mencorakkan kehidupan pada masa hadapan , perlu diberi perhatian sewajarnya oleh setiap ahli masyarakat, khususnya warga pendidik dan para ibubapa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar